Kata bang Wikipedia komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Katanya lagi dulunya sih komputer itu justru orangnya, yang lakukan perhitungan aritmetika dengan atau tanpa mesin. Tapi belakangan berubah jadi mesinnya yang disebut komputer.

Basis teknologi maju sekarang sih komputerisasi. Coba lihat robot, dasarnya kan pengolahan data atau peng-programan atau komputer. Mau kembangkan bibit tanaman yang unggul alias varietas unggul, perlu komputer untuk olah semuanya. Bahkan ilmu biologi yang hebat seperti genetika perlu komputer. Intinya ga ada yang hi-tech tanpa komputer sebagai intinya.

Tapi kira-kira gimana yah komputer di masa depan? Dari bentuk kira-kira kapan yah kita bisa pakai layar transparan seperti di film? Atau komputer kompleks bisa ga ya nanti hanya seukuran memory card? Atau komputer yang ditanam dalam tubuh makhluk hidup untuk bikin manusia hibrida? Itu semua masih belum benar-benar maju menurutku.

Mari berfikir keluar dari biasa. Gimana seandainya ada komputer yang bukan berupa perangkat elektronika? Ga butuh listrik, ga butuh kabel, ga butuh chip processor dan sebagainya. Gimana seandainya mesin pengolah data selevel komputer itu berupa makhluk hidup atau mesin biologi?

Atau begini saja, sekalian manusianya saja yang ditingkatkan kemampuan menggunakan kapasitas otaknya menjadi setidaknya 50% aja lah, itu pasti sudah jadi manusia super. Jadi ga butuh komputer lagi. Istilah komputer dikembalikan ke sejatinya, yaitu orang atau manusianya.

Menurutku sih bisa saja ada mesin mutakhir sejenis komputer tapi dalam bentuk yang sangat berbeda dari komputer.

Salam,

Mikha, 3 Januari 2015, jam 18:26 WITA, masih di Balikpapan.