Jika Anda adalah seorang Machinist yang mengoperasikan mesin drill (bor) atau mesin bubut, maka ini pasti sangat berguna bagi Anda terutama dalam menghemat waktu dalam mencari jarak antar lubang flange dsb. jika yang tercantum di gambar hanya PCD (Pitch Circle Diametre) dan jumlah lubang. Formula yang digunakan sederhana yaitu formula trigonometri.

Dalam Illustrasi di bawah saya memberikan contoh untuk 4 lubang,  8 lubang dan 12 lubang. Untuk lubang yang ,ebih banyak dapat mencontoh pada 8 lubang dan 12 lubang namun perlu diketahui bahwa sudut alfa 1 adalah 360 dibagi jumlah lubang, dan sudut alfa 2 adalah setengah dari sudut alfa 1.

Dalam penerapannya, jarak tersebut dapat dibentangkan dengan sebuah jangka logam dan dilangkah-langkahkan di atas flange yang di atasnya telah dimarking garis PCD. titik-titik langkah tersebut akan ketemu dengan tepat pada awal dan akhirnya dengan jumlah langkah yang sama dengan jumlah lubang. Titik-titik langkah tersebut lalu diperjelas dengan center pen untuk panduan pengeboran.

Advertisements